Resep masakan rendang Padang asli

Siapa yang tak kenal masakan rendang? Makanan yang di nobatkan sebagai makanan terenak di dunia ini memang selalu bikin nagih, nah bunda juga kini bisa bikin menu rendang daging itu loh, yuk kita coba.

Bahan Utama dari resep masakan rendang daging Padang adalah sebagai berikut:
- 2 liter santan (dihasilkan dari 2 buah kelapa tua) 1.5 kg daging


Bahan bumbu dan rempah untuk resep membuat rendang daging Padang:
- 2 lembar daun kunyit, simpulkan 4 lembar daun jeruk purut 2 cm asam kandis(gelugur) 2 batang daun serai, memarkan
Bumbu resep daging rendang Padang:
Haluskan:
- 12 butir bawang merah
- 2 cm jahe, 
- 1 sdt jintan,  
- sangrai 1/2 sdt pala Penyedap rasa secukupnya 
- 100 g cabe merah besar 
- 3 cm kunyit, bakar 
- 1/2 sdm ketumbar 
- 2 sdt garam 
- 6 siung bawang putih
- 5 butir kemiri 
- 100g cabe merah keriting 
- 2 cm lengkuas  


Cara memasak resep rendang daging sapi spesial Padang
Kita olah dulu daging yang telah disiapkan: potong-potonglah daging rendang dengan bentuk kotak-kotak(dadu) atau sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. 
Sebaiknya tidak memotong daging dengan ukuran terlalu kecil, supaya pada saat daging dimasak, tidak membuat daging menjadi hancur.

Siapkan wajan berukuran besar. Tuangkan santan ke dalamnya. Masukkan juga serai, irisan bawang merah, asam dan daun kunyit. Aduk-aduk bumbu sampai benar-benar mendidih, yakinkan bahwa santan yang sedang dimasak tidak pecah. 

Selama proses ini Anda sebaiknya mengaduk-aduk santan dengan perlahan-lahan dan hingga benar-benar mendidih dan merata. Jika santan telah mendidih, masukkanlah bumbu yang telah dihaluskan kedalamnya dengan perlahan-lahan dan sesekali mengaduk-aduk.

Lakukan selama 20-30 menit. Bila santan terlihat telah berminyak, Masukanlah potongan daging rendang yang sudah dibersihkan. 
Setel nyala api kompor menggunakan api kecil atau sedang, lalu masaklah hingga santan mengental dan mengering dan juga bumbu meresap ke dalam pori pori daging.

Lanjutkan memasak hingga daging menjadi empuk dan matang dengan merata, sabar dan tekunlah untuk mengaduk-aduk perlahan dan terus-menerus supaya bagian dasar tidak menjadi gosong dan daging matang dengan sempurna.

Nah siap dihidangkan, bagaimana Bun, silahkan mencoba membuat menu resep rendang daging Padang asli, keluarga pasti suka.

0 Response to "Resep masakan rendang Padang asli"

Post a Comment